Ticker

6/recent/ticker-posts

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Jawabku - Biang keringat pada bayi umumnya muncul pada bagian leher, selangkangan atau pangkal paha, ketiak, kepala, dahi, perut, punggung, dada bagian atas, atau lipatan kulit bayi lainnya. Biang keringat ini dapat muncul karena cuaca yang panas dan lembab atau ketika bayi demam.

Selain itu biang keringat juga bisa karena pori–pori kulit bayi tersumbat dan keringat tidak bisa keluar. Bayi atau anak–anak sangat mudah terkena biang keringat karena pori–pori kulit mereka lebih kecil daripada pori–pori yang dimiliki orang dewasa. Selain itu kelenjar dan saluran keluar keringat belum sepenuhnya berkembang pada bayi.

Kebanyakan biang keringat ini bisa sembuh dan hilang sendiri dalam waktu beberapa hari kecuali jika biang keringat tersebut terjangkit infeksi. Tetapi, Anda juga harus bisa mengurangi rasa gatal dan rasa tidak nyaman yang dirasakan bayi karena biang keringat. Ini dia beberapa cara untuk mengatasi biang keringat pada bayi:

Memilih pakaian untuk bayi

Anda bisa memilih pakaian yang bahannya dari serat alami untuk bayi. Hindarilah memakaikan pakaian yang terbuat dari kain sintetis, misalnya nilon dan polyester. Karena kain sintetis bisa memerangkap panas. Selain itu Anda juga bisa melonggarkan pakaian yang dipakai bayi atau malah tidak memakaikan pakaian pada bayi.

Jangan sering–sering untuk digendong

Ketika cuaca panas janganlah menggendong si kecil jika ingin mengatasi biang keringat yang ada padanya. Jika Anda menggendong bayi, maka bayi akan berhadapan dengan dua sumber panas yaitu dari cuaca yang panas dan suhu tubuh ibunya. Lebih baik menidurkan bayi di ranjang dan biarkan saja bayi berbaring, berjalan – jalan, merangkak ketika bangun. Jika bayi semakin jarang digendong, maka ia tidak akan kepanasan.

Hindari udara lembab dan panas

Cara mengatasi biang keringat lainnya adalah Anda bisa memindahkan bayi ke ruangan yang lebih teduh dan sejuk. Jika Anda memakai kipas angin dan AC, maka disarankan agar tidak mengarahkan angin langsung terkena tubuh bayi. Selain itu, jika Anda akan keluar rumah, jangan lupa untuk membawa topi dan kipas untuk bayi.

Pastikan juga bayi meminum cukup banyak air. Ini bermanfaat untuk mengganti semua cairan yang sudah hilang melalui keringat agar si kecil tidak mengalami dehidrasi.

Menjaga kulit bayi agar tetap dingin

Selanjutnya Anda bisa mendinginkan kulit bayi yang terkena biang keringat dengan memakai kain basah dingin atau bisa juga memandikan si kecil utuk mengatasi biang keringat tersebut. Biarkan kulit bayi kering sendiri daripada memakaikan handuk pada tubuhnya.

Menggunakan lotion dank rim jika diperlukan

Biang keringat pada bayi juga bisa diatasi dengan cara mengoleskan lotion calamine pada kulitnya. Tetapi jangan oleskan lotion pada kulit yang ada di dekat mata bayi. Jika biang keringat yang ada sudah sangat parah, gunakan krim hidrokortison sesuai dengan saran dokter. Disarankan juga untuk tidak memakai salep dan lotion jenis lain karena bisa membuat ruam menjadi semakin parah.

Sumber: https://www.alodokter.com/bunda-ini-dia-cara-mengatasi-biang-keringat-pada-bayi

Posting Komentar

0 Komentar