Ticker

6/recent/ticker-posts

Simak Pengertian, Jenis dan Cara Kerja Asuransi Jiwa Unit Link

pengertian, jenis dan cara kerja asuransi jiwa unit link

Semakin banyak orang yang tertarik membeli produk asuransi jiwa regular link karena ingin mendapatkan dua manfaat dalam satu produk, yaitu manfaat asuransi dan juga investasi.

Harapannya dengan produk ini maka mereka tidak perlu repot mempersiapkan finansial masa depannya dengan membeli produk investasi secara terpisah. Namun sayangnya, mereka asal saja membelinya tanpa benar-benar memahami produk ini sehingga kebingungan ketika menemukan adanya masalah.

Jika saat ini Anda juga sedang tertarik untuk memiliki produk ini, sebaiknya pahami terlebih dahulu seluk beluk produk ini agar tidak menyesal di kemudian hari. Tidak perlu bingung mencari sumber informasi, karena artikel ini akan membahasnya.

Pengertian asuransi jiwa unit link

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, asuransi jiwa unit link / reguler link merupakan jenis produk asuransi yang menawarkan 2 jenis manfaat yaitu perlindungan asuransi dan manfaat investasi. Untuk pembiayaan produk perlindungan yang bersifat unit link ini sendiri biasanya diambil dari berbagai kumpulan investasi yang dilakukan oleh pemegang polis.

Jenis – jenis asuransi jiwa unit link

Di Indonesia, produk asuransi jiwa unit link / reguler link ini umumnya memiliki beberapa bentuk berdasarkan informasi yang dilansir dari situs Kompas:

  • Asuransi Unit Link berdasarkan pembayaran premi terdiri dari Unit Link Premi Tunggal dan Unit Link Premi Berkala.
  • Asuransi Unit Link berdasarkan penempatan dana terdiri dari Unit Link Pasar Uang, Unit Link Pendapatan Tetap, Unit Link Campuran dan Unit Link Saham.
  • Asuransi Unit Link berdasarkan tujuan investasi terdiri dari Unit Link Pendidikan Anak dan Unit Link Pensiunan.

Bagaimana cara kerja asuransi jiwa regular link?

Nah, setelah mengetahui berbagai jenisnya, saatnya Anda memahami bagaimana sistem kerja asuransi ini. Berikut adalah tahapannya:

  • Pertama – tama, premi akan masuk ke instrumen investasi si pemegang polis, baru kemudian nantinya akan menghasilkan nilai polis.
  • Adapun untuk nilai polis inilah yang nantinya akan digunakan untuk membiayai berbagai biaya – biaya asuransi dan saldo yang digunakan nantinya akan digunakan kembali untuk investasi.

Mengingat sistem kerjanya yang lebih rumit dibandingkan dengan produk asuransi lainnya yang tidak mengandung manfaat investasi, maka Anda harus pastikan membeli polis asuransi ini pada perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Selain itu, pastikan juga agen yang membantu proses pendaftaran atau pembelian polis benar-benar memahami produk ini. Dengan begitu, agen tersebut akan siap membantu Anda kapan saja Anda mengalami masalah atau merasa bingung.

Posting Komentar

0 Komentar